Penggunaan aplikasi cloud sudah mulai menjadi trend di dunia teknologi khusus nya internet. Secara langsung maupun tidak langsung kita telah menggunakan aplikasi cloud ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Khusus nya bagi para internet marketer, menggunakan aplikasi cloud sudah menjadi keharusan dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Dalam pekerjaan kita sehari-hari khususnya yang bekerja di bidang online marketing maupun bidang IT lainnya dapat dipastikan kita membutuhkan media komunikasi, project management, Schedule management, Budget management, dan lain sebagainya. Berikut saya akan membagi
pengalaman saya yang sudah lama bekerja sebagai praktisi IT dan sekarang saya menjabat sebagai IT Director di CalibreWorks.
pengalaman saya yang sudah lama bekerja sebagai praktisi IT dan sekarang saya menjabat sebagai IT Director di CalibreWorks.
1. Media komunikasi: EmailDalam kehidupan kita sehari-hari kita membutuhkan media komunikasi yaitu email. Email sebagai media komunikasi utama di dunia online kebanyakan sudah berbasis cloud, yang artinya dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh dengan menggunakan Gmail kita diberikan space sebesar 7 GB dan
bertambah setiap harinya. Namun kita suatu saat kita membutuhkan space yang lebih besar maka kita bisa menambahnya dengan membayar layanan ini tentunya. Dan kita hanya perlu membayar sesuai dengan kebutuhan kita saja. Email merupakan media komunikasi utama saya, sampai saya memiliki lebih dari 1 email account yang saya segmentasi untuk tujuan-tujuan yang spesifik, seperti email untuk pekerjaan, email untuk finansial dan email untuk umum.
bertambah setiap harinya. Namun kita suatu saat kita membutuhkan space yang lebih besar maka kita bisa menambahnya dengan membayar layanan ini tentunya. Dan kita hanya perlu membayar sesuai dengan kebutuhan kita saja. Email merupakan media komunikasi utama saya, sampai saya memiliki lebih dari 1 email account yang saya segmentasi untuk tujuan-tujuan yang spesifik, seperti email untuk pekerjaan, email untuk finansial dan email untuk umum.
2. Media Catatan: EvernoteMenulis adalah salah satu hobi saya. Setiap ada sebuah ide maupun gagasan yang terlintas dalam pikiran saya, saya sebisa mungkin mencatatnya agar saya bisa mengingatnya dan mengembangkannya di kemudian hari. Tools yang saya gunakan untuk ini adalah Ever-note. Evernote adalah sebuah aplikasi cloud yang dapat bekerja di hampir semua media seperti web, Windows, Mac, Linux, iOS, maupun Android. Dan di semua media tersebut semua catatancatatan saya tersinkronisasi dengan baik. Jadi jika saya dapat ide saat lagi berada dalam taxi, saya mencatat nya di evernote melalui Android mobile saya. Kemudian saat saya sudah
berada di rumah saya mengembangkannya baik. Jadi jika saya dapat ide saat lagi berada dalam taxi, saya mencatat nya di evernote melalui Android mobile saya. Kemudian saat saya sudah berada di rumah, saya mengembangkannya lebih lanjut untuk di diskusikan dengan team saya di keesokan hari nya. Selain itu Evernote juga mampu bekerja sebagai media kolaborasi. Yang membuat saya menggunakan Evernote sampai sekarang adalah kemampuannya dalam melakukan pencari-an sehingga apapun yang saya tuliskan disana dapat dengan mudah dicari. So write once, remember forever. Dan banyak lagi aplikasi-aplikasi yang di kembangkan evernote ini, jadi make sure you find out and explore it.
berada di rumah saya mengembangkannya baik. Jadi jika saya dapat ide saat lagi berada dalam taxi, saya mencatat nya di evernote melalui Android mobile saya. Kemudian saat saya sudah berada di rumah, saya mengembangkannya lebih lanjut untuk di diskusikan dengan team saya di keesokan hari nya. Selain itu Evernote juga mampu bekerja sebagai media kolaborasi. Yang membuat saya menggunakan Evernote sampai sekarang adalah kemampuannya dalam melakukan pencari-an sehingga apapun yang saya tuliskan disana dapat dengan mudah dicari. So write once, remember forever. Dan banyak lagi aplikasi-aplikasi yang di kembangkan evernote ini, jadi make sure you find out and explore it.
3. Media kolaborasi: AsanaAsana adalah sebuah aplikasi online yang berbasis cloud untuk media kolaborasi yang saya gunakan dalam internal team saya. Dengan menggunakan Asana saya dapat membagi project dan tugas yang harus dikerjakan oleh team saya dalam basis harian. Dengan menggunakan wadah ini maka setiap dari anggota team saya tahu apa yang harus mereka kerjakan dalam satu hari dan saya dapat melihat update-update nya dari mana saja. Dan media ini juga digunakan sebagai media komunikasi antar team dan file resource management. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki antar muka yang sangat baik. Dengan menggunakan aplikasi ini sangat memudahkan pekerjaan saya, dimana jika saya tidak berada di kantor saya dapat mengetahui dan update apa yang telah di selesaikan oleh team saya.
4. Expense Management:Expensify adalah aplikasi online yang berbasis cloud untuk melakukan tracking terhadap pengeluaran-pengeluaran pribadi maupun kantor. Dengan aplikasi yang tersedia melalui web dan android ini sangat memudahkan saya untuk mengatur pengeluaran saya. Dengan demikian saya dapat mengetahui berapa pengeluaran yang telah saya lakukan dalam 1 bulan. Melakukan tracking pengeluaran bagi saya adalah merupakan hal yang sangat penting. Cash flow yang sehat adalah kunci sukses keberhasilan anda dalam hidup anda. mengakses akun LastPass saya. Dengan demikian saya dapat melakukan tugas dan kesibukan saya sehari-hari tanpa pernah mengalami masalah lupa password yang tentunya dapat membuang waktu produktif saya. Jika saya bisa menyimpannya dengan aman di suatu tempat untuk apa saya mengingatnya.
6. Media Penyimpanan:Dropbox dan Google DriveUntuk media penyimpanan online saya, saya menggunakan Dropbox dan Google Drive. Dimana keduanya saya set untuk tujuan yang spesifik. Saya menggunakan dropbox untuk menyimpan ebook, music, foto dan video yang saya kumpulkan untuk saya akses dari mana saja termasuk dari mobile phone saya. Dengan demikian saya tidak perlu khawatir dikemudian hari harddrive laptop saya crash maka saya masih memiliki file-file yang penting tersebut dan dapat merecovery nya kembali dari mana saja. Karena lebih baik kita mencegah daripada menyembuhkan. Sedangkan Google Drive saya gunakan untuk menyimpan semua file-file document yang di perlukan dalam pekerjaan saya. Dan saya dapat melakukan sharing ke team saya untuk melakukan kolaborasi secara bersama-sama. Jadi jika kebetulan saya sedang tidak berada di kantor, team saya dapat melanjutkan pekerjaan saya karena file-file tersebut dapat diakses melalui Google Drive atau Google Document secara online. Dengan demikian bisnis flow dari perusahaan saya tidak tergantung dari satu orang, melainkan keseluruhan team dapat berkolaborasi secara bersama-sama untuk kemajuan perusahaan.
7. Media backup online: Amazon S3Dengan berkembangnya CalibreWorks maka kebutuhan akan media backup secara online semakin besar. Apalagi dengan bertambahnya jumlah client yang hosting nya di manage langsung oleh saya dan team maka saya membutuhkan suatu media yang reliable dan praktis digunakan untuk melakukan backup file dan database dari seluruh website-website tersebut. Untuk ini saya menggunakan Amazon S3 karena harganya yang terjangkau dan aman. Jadi secara berkala system akan melakukan backup keseluruhan website ke Amazon S3. Dengan demikian saya tidak perlu memusing-kan jika di kemudian hari ada salah satu website yang kehilangan file atau kena hack. Saya hanya perlu melakukan restore dari data yang lama dan semua akan kembali normal. Tindakan preventif dapat menghemat banyak resource saya. Dengan demikiansaya dapat melakukan focus ke hal yang lain untuk lebih memaksimalkan dan memajukan CalibreWorks.
8. Media Reminder: Google CalendarDengan tanggung jawab saya yang cukup besar di perusahaan maka saya membutuhkan suatu media untuk membantu saya mengingat jadwal-jadwal saya. Mulai dari meeting dengan klien, project deadline sampai dengan jadwal launch dari produk-produk yang kita kembangkan. Untuk itu saya menggunakan Google Calendar dimana system ini dapat membantu mengingatkan saya melalui email dan sms. Dengan demikian saya dapat mengisi waktu dan tenaga saya untuk lebih produktif dan kreatif lagi. Karena pada prinsip dari time management adalah kita tidak perlu mengingat semua hal-hal yang harus kita lakukan, melainkan kita dapat menggunakan suatu media yang dapat terpercaya untuk membantu kita dalam mengatur kegiatan dalam menjalani hari-hari kita, sehingga kita dapat lebih focus dan lebih produktif lagi.
9. Media Berita: Google ReaderDalam 1 hari saya selalu menyempatkan diri untuk membaca 1-2 jam untuk mengetahui update terbaru dan kabar yang terbaru yang sedang terjadi. Dengan demikian saya dapat selalu mengikuti perkembangan teknologi, perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembanganperkembangan lainnya. Untuk itu saya menggunakan Google Reader karena saya dapat dengan selektif untuk mengikuti berita-berita yang saya inginkan. Dan dengan Google Reader saya dapat membaca nya melalui mobile phone saya. Biasanya hal ini saya lakukan setiap istirahatmakan siang dan sebelum tidur di malam hari. Karena membaca dan menulis adalah hobi saya.
10. Media Sosial: FacebookTerakhir adalah media social yang saya gunakan adalah Facebook. CalibreWorks juga menyediakan jasa untuk social media, saya juga banyak melakukan eksplorasi terutama untuk menggunakan Facebook sebagai media marketing yang viral. Namun Facebook banyak membantu saya dalam mengumpulkan dan terkoneksi kembali dengan teman-teman lama yang sudah lama lost contact. Namun dalam keseharian saya, saya lebih banyak menggunakan Facebook untuk membantu client-client saya dalam melakukan social media marketing. Demikianlah sedikit pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi-aplikasi cloud untuk memudahkan pekerjaan dan kehidupan saya sehari-hari. Harapan saya dengan artikel ini para pembaca dapat merasa terbantu dan lebih terinspirasi lagi untuk mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih efisien dan efektif dengan alat-alat bantu yang saya jabarkan diatas.
Sumber : Majalah Bisnismu
0 comments:
Post a Comment