Saturday, March 2, 2013

MOMPRENEURS

Sebagai mompreneur, Anda tentunya memiliki pekerjaan paling sulit di seluruh dunia! Anda harus menjalankan bisnis sekaligus menjadi orang tua, tak ada yang lebih menantang dan hebat selain itu! Semua tanggungjawab ini berarti bahwa menemukan keseimbangan adalah hal yang paling esensial. Kehidupan yang seimbang akan menolong Anda untuk menyelesaikan semua persoalan, mengatur waktu, dan menikmati hidup yang telah Anda pilih. Di bawah ini ada beberapa tips, strategi dan ide untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga Anda!

1. Jadwalkan Waktu untuk Segala Hal
Mungkin ini terdengar ekstrim. Tetapi, menjadwalkan waktu untuk kerja, bermain bersama anak-anak, dan beristirahat sangat membantu Anda menemukan keseimbangan hidup. Jadwalkan dan yakinlah bahwa Anda dapat menemukan waktu untuk setiap hal dalam daftar Anda. Misalnya, Anda memutuskan untuk bekerja dari jam 6 pagi hingga sore. Berarti Anda punya waktu dari sore hingga waktu tidur anakanak untuk fokus pada tanggungjawab Anda sebagai seorang ibu. Atau Anda memutuskan untuk bekerja 10 jam pada 2 hari setiap minggunya, berarti 5 hari lainnya Anda fokus pada mengurus rumah tangga Anda. Tak ada jadwal yang benar atau yang salah di sini. Kehidupan yang seimbang ditentukan sendiri oleh Anda.

2. Prioritas
Prioritas adalah hal terpenting bagi bisnis dan kehidupan personal Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di hidup Anda. Ambil waktu untuk memilih mana yang  menjadi prioritas. Misalnya bagi bisnis Anda, prioritas Anda adalah bagaimana memproduksi income yang makin banyak dari hari ke hari. Jika Anda memiliki jasa layanan, waktu berinteraksi dengan klien Anda adalah hal yang paling penting. Jika Anda bekerja di information marketing, maka planning dan menciptakan konten yang menarik adalah prioritas Anda.
Dalam hal personal, menghabiskan waktu dengan partner Anda setiap minggunya adalah prioritas dan memiliki quality time dengan anakanak juga sangat penting dibandingkan membersihkan rumah (yang mana Anda dapat meminta pembantu di rumah untuk melakukannya).

3. Pertolongan
Begitu Anda sudah menentukan prioritas, kadang-kadang Anda lupa bahwa ada tugas-tugas dan tanggungjawab yang belum masuk ke dalam daftar Anda. Contohnya membersihkan rumah atau menata bukubuku di perpustakaan pribadi Anda, dan masih banyak lagi tugas-tugas ‘kecil’ yang harus dimasukkan ke list Anda. Dalam pekerjaan, Anda dapat merekrut orang untuk menyelesaikan tugas-tugas yang tak dapat Anda selesaikan sendiri. Jika perlu, Anda juga dapat merekrut baby sitter untuk menjaga anak sementara Anda kerja. Tapi ingat, jangan sampai dengan merekrut orang tersebut Anda jadi besar pasak daripada tiang. Tujuan Anda adalah untuk memajukan bukan merugikan perusahaan, bukan?

Pada akhirnya, Anda harus belajar untuk menyeimbangkan kehidupan Anda sendiri. Tak ada formula pasti untuk menyukseskan Anda sebagai pekerja yang hebat sekaligus Ibu yang sempurna. Anda harus menganalisis kehidupan Anda sendiri dan menentukan mana yang penting. Ini hidup Anda, jadi yang pegang kendali adalah Anda, Mom!

Sumber : Majalah Bisnismu

Artikel Terkait bisnis dari rumah ,bisnis-online ,Mompreneur

0 comments:

Post a Comment