Saturday, March 2, 2013

Mobile Marketing

Sukseskan Masa Depan Bisnis Anda dengan Mobile Marketing
Banyak pemilik perusahaan, terutama bisnis konvensional masih beranggapan bahwa internet adalah hal yang tidak penting. Mereka berpikir jika mengabaikan dan tak memedulikan internet, trend tersebut akan hilang dengan sendirinya. Maaf, tapi sudah saatnya Anda melupakan anggapan tersebut dan hadapi kenyataan. Tren internet tak akan hilang. Ini bahkan seperti juggernaut yang mencari korban manusia terus menerus, mencari momentum terus menerus dan selalu berkembang. Perlu diingat, pelanggan Anda juga selalu memakai internet bagi kehidupannya.
Sekarang, sebuah website saja sudah tak cukup lagi. Bisnis yang memiliki situs yang mobile friendly juga sudah vital sifatnya. Pelanggan Anda tak akan menunggu sampai Anda memiliki situs yang mobile friendly tersebut. Jika mereka tak dapat melihat situs Anda melalui smartphone mereka, mereka akan menghabiskan waktu mereka di tempat lain... situs kompetitor Anda! Tak mau, kan? Bukannya menakut-nakuti, tapi statistik membuktikan bahwa hal ini sedang terjadi. 51% persen pelanggan di UK dan 49% pelanggan di US memiliki Smartphone. Mereka semua bersemangat mengakses situssitus dari Smartphone mereka. 9 dari 10 orang menggunakan pencarian lewat perangkat mobilenya, dan setengah lebihnya melakukan pembelian lewat Smartphone.

Jumlah tersebut akan terus bertambah. 9 dari 10 handphone yang sekarang terjual adalah Smartphone. Awal tahun 2012 saja, sudah ada hampir 145 juta smartphone yang terjual. Akhir 2012 diperkirakan akan lebih banyak smartphone yang terjual dibandingkan PC dengan estimasi penjualan mencapai 657 juta smartphone yang akan terjual pada pelanggan. Coba Anda tanya ke teman-teman atau saudara, pasti banyak dari mereka yang memiliki smartphone!
Smartphone adalah bagian penting bagi kehidupan pelanggan Anda. Mereka bahkan teradiksi! Mereka menggunakan Smartphoe untuk posting di twitter, update status di Facebook, dan juga melakukan online shopping. Jika Anda menyediakan produk atau jasa yang mereka inginkan, kemungkinan besar mereka akan mengecek situs Anda lewat telepon genggam mereka. Jika konten website Anda tak mudah dibaca lewat mobile phone mereka, Anda akan ada dalam masalah karena mereka akan meninggalkan situs Anda dan melirik yang lain.
Jadi, jika Anda berpikir bahwa Anda tak membutuhkan versi mobile dari website Anda, berarti Anda mengabaikan kebutuhan pelanggan. Anda akan kehilangan pelanggan. Pelanggan yang memiliki uang untuk mencari produk atau jasa Anda. Entah Anda itu dokter gigi, retailer lokal, florist, atau dekorater, Anda dapat meraih semua klien Anda dengan lebih efektif dan mudah melalui mobile website.
Memiliki mobile website akan membuka kesempatan bagi perusahaan Anda menarik banyak traffic ke situs Anda. Misalnya, QR Code (quick respose code) akan memudahkan Anda untuk menciptakan marketing campaign yang tak terbatas dan pelangganpun akan mudah mengakses situs Anda di manapun mereka berada. Penelitian mengatakan bahwa 50% penguna Smartphone telah menge-scan QR Code dan 18% dari mereka melakukan pembelian setelah mengakses dari QR Code tersebut. Itu artinya ada 18% pelanggan yang tidak akan Anda miliki juga Anda tak punya mobile marketing platform. Dapatkah Anda lihat potensi perusahaan Anda jika memiliki situs yang mobile friendly?
Yang sering dilupakan oleh para pebisnis adalah bahwa bukanlah pekerjaan pelanggan Anda untuk mengingat bahwa bisnis Anda ada. Justru Andalah yang harus mengingatkan mereka secara konstan bahwa
bisnis Anda ada dan eksis. Menggunakan sumber dan alat yang benar sangatlah penting. Kami melihat beberapa pebisnis mengalihkan perhatiannya dan malah membuang-buang uang dengan menaruh banyak pada iklan koran, yellow pages, dan flyers secara besar-besaran. Koran dan Yellow Pages sudah sekarat, dan tak ada gunanya menaruh investasi Anda sebegitu besarnya pada iklan yang hanya sekali terbit. Flyer juga mahal dan hanya dapat meraih demografi yang kecil lingkupnya.
Mobile marketing adalah cara yang paling efektif untuk menjaga kontak dengan pelanggan dan juga calon pelanggan Anda. Ada banyak perusahaan yang menggunakan moble marketing dan telah berhasil meraih jutaan calon pelanggan dan mendapatkan traffic yang begitu banyak serta menambahkan pendapatan mereka. Memiliki situs yang mobile friendly tak hanya akan memberikan kesan baik pada klien Anda tapi juga akan menjauhkan Anda dari competitor yang masih kaku dan tak mau membuang waktu membuat mobile website. Jadi, mengapa Anda tak merelakan waktu Anda sedikit untuk membuat situs yang mobile friendly dan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi?

Sumber : Majalah Bisnismu

Artikel Terkait mobile-marketing ,promosi-online ,social-media-marketing ,trends-bisnis

0 comments:

Post a Comment