Saturday, March 2, 2013

14 Ide Promosi Online dengan Biaya Minim


Kebanyakan perusahaan memiliki anggaran yang ketat, terutama yang berhubungan dengan pemasaran dan promosi. Ironisnya, jika Anda tak memiliki sistem pemasaran yang baik, calon pelanggan akan kesulitan mengetahui tentang produk-produk yang Anda tawarkan.
Kabar baiknya promosi online adalah alternatif yang tidak hanya lebih murah, tapi juga lebih efektif dibandingkan metode pemasaran tradisional. Selain itu Anda jugabisa melacak efektifitas iklan secara cepat dan mudah. Berikut ini beberapa ide promosi online dengan biaya yang minim:

1. Optimasi Website Anda untuk Search Engine
Google bukan saja merupakan search engine yang paling popular di internet saja, tetapi juga sahabat terbaik bagi bisnis Anda. Google ingin Anda memiliki peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian. Jika klien mereka
mencari sebuah produk atau jasa, adalah pekerjaan Google untuk memberitahukan pada mereka bahwa perusahaan Anda lah yang mumpuni! Anda harus membuat Google langsung melacak website Anda dengan mengoptimasi website sebaik-baiknya.Biayanya tak terlalu mahal dan merupakan investasi terbaik yang pernah Anda lakukan.Timbal baliknya juga akan terasa fenomenal sejauh pelanggan Anda mencari perusahaan Anda secara online.

2. Google+ Local
Ketika berbicara tentang Google, kita tidak boleh melupakan Google+ Local. Seperti yang telah dibicarakan di tips nomor satu, Google benar-benar berada di pihak Anda dan dia ingin membantu agar perusahaan Anda dapat ditemukan jika pelanggan mencari di search engine. Mereka akan membantu Anda menemukan calon pelanggan, dan ketika mereka mengetik sesuatu yang berhubu-ngan dengan perusahaan Anda, Google ingin meyakinkan bahwa perusahaan Anda muncul dan masuk ke dalam daftar. Hasil penca-rian akan lebih lokal, karena itu, perusahaan harus mengklaim Google+ Local Page mereka dan melakukan optimasi pada web untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Membuat Sebuah Blog
Tak peduli tipe bisnis apa yang Anda jalankan, Anda tetap harus mempu-nyai sebuah blog. Jika Anda tak tahu apa itu blog, blog adalah singkatan dari ‘web log’ dan merupakan sebuah catatan harian online. Anda harus menulis konten yang bagus dan menarik bagi para pengunjung dan pelanggan. Buatlah sebuah komunitas dan biarkan pengunjung Anda menjadi bagian dari blog Anda dengan merespon setiap komentar di setiap post. Jika Anda sering merespon mereka, ini akan menarik banyak orang untuk berani berkomentar dan membuat blog Anda sering dikunjungi oleh pelanggan.

4. Sosial Media
Facebook, Twitter and Google Plus adalah situs-situs populer yang tak dapat Anda hindari lagi di masa kini. Dengan membuat profil disetiap situs sosial media tersebut, Anda tak hanya menciptakan sebuah kesempatan mendapatkan calon pelanggan baru, tetapi juga akan menjadi sumber traffic Anda yang sempurna. Pebisnis lokal yang menggunakan sosial media, kebanyakan melihat perkembangan yang signifikan setiap bulannya.Keuntungan lainnya adalah semua itu gratis, Anda cukup menyisihkan waktu sebentar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan! Dengan menginvestasikan sedikit waktu dan semangat untuk membuat kon-ten yang berkualitas, Anda dapat berinteraksi dengan para followers Anda dan makin lama Anda akan membangun followers yang loyal. Pada akhirnya profil perusahaan Anda akan populer secara online dan membuat website Anda makin mudah ditemukan di search engines.

5. Studi Kasus dan Testimoni
Jika Anda telah memiliki pelanggan yang berbahagia dan mencintai produk atau layanan Anda, mengapa Anda tak meminta testimonial dan studi kasus dari mereka? Studi kasus dan testimonial adalah jalan yang sempurna untuk menarik pelanggan baru, karena calon pelanggan cenderung tertarik membeli sebuah produk jika telah melihat review atau testimonial dari orang lain. Rahasianya adalah dengan membuat pelanggan Anda membicarakan tentang produk atau jasa Anda setelah mereka menggunakannya, kemudian membicarakan hasil yang mereka dapat. Kebanyakan pelanggan akan senang jika Anda yang meminta mereka membuat review tersebut. Anda juga dapat membuat semacam ’Feedback Forms’ di website, supaya pelanggan bisa menuliskan review setelah menggunakan produk Anda. Komentar-komentar itulah yang akan menarik lebih banyak orang untuk membeli dan melihat penawaran yang Anda ciptakan!

6. Buat sebuah ‘Beginners Guide’ Gratis untuk Diunduh Pelanggan Anda
Dengan membuat ‘Beginners Guide’ yang dapat diunduh gratis, Anda akan menarik banyak traffic ke website Anda dan menambah ketertarikan pada produk dan layanan yang Anda miliki. Contohnya, jika Anda menjual aksesoris ponsel, kenapa tidak membuat sebuah ebook yang berisi tips-tips memanfaatkan fitur sebuah ponsel pintar yang sedang populer? Pelanggan akan melihat bahwa Anda mengerti dan ahli di bidang usaha Anda, dan mereka memutuskan untuk membeli produk Anda dibanding kompetitor yang tak menyediakan ‘guide book’.

7. Mulai Program Afiliasi
Ini mungkin tips terbaik bagi perusahaan yang memiliki bujet ketat. Dengan memiliki team afiliasi (orang atau perusahaan yang mempromosikan produk Anda di website atau blognya dengan imbalan komisi dari harga jual), Anda akan mendapatkan promosi secara luas tanpa keluar biaya. Semakin banyak orang yang mempromosikan produk Anda, semakin banyak kemungkinan untuk menghasilkan penjualan! Ada banyak aplikasi dan plugins yang digunakan untuk manajemen program afiliasi. Silakan kontak editor dari majalah Bisnismu jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang seluk beluk program afiliasi.

8. Menjawab pertanyaanpertanyaan yang Berhubungan dengan Produk dan Layanan Anda
Internet adalah tempat utama bagi orangorang untuk mencari jawaban jika mereka memiliki pertanyaan tentang produk dan layanan yang spesifik. Mereka mengajukan pertanyaan dan mengepostnya di forum- forum diskusi dan situs-situs penjawab seperti Yahoo Answers. Jika Anda dapat menjawab pertanyaan mereka yang berhubungan dengan produk dan layanan Anda, keuntungan yang akan didapat adalah Anda dapat menarik banyak pelanggan baru yang juga melihat jawaban Anda tersebut. Ini adalah cara cuma-cuma
untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak ke situs Anda dan menambahkan kredibilitas Anda.

9. Pergi ke Acara-acara Networking
Event-event networking adalah tempat yang sempurna untuk menemukan klien dan relasi baru, dan Anda harus menyediakan waktu untuk datang ke networking events tersebut sebisa mungkin. Silakan cek jadwal acara yang diselenggarakan oleh kamar dagang dan industri atau sejenisnya di kota Anda.

10. Meminta Rekomendasi
Coba metode berikut: carilah pelanggan Anda di LinkedIn.com dan lihat dengan siapa mereka berkoneksi. Jika Anda melihat bahwa orang-orang tersebut berpotensi sebagai pelanggan, mintalah pelanggan tersebut untuk memperkenalkan Anda kepada teman/ kolega mereka. Bila produk Anda memang baik, pasti pelanggan Anda tak akan sungkan membantu!

11. Manfaatkan Kekuatan YouTube
YouTube dapat memberikan pengaruh bagi kemajuan usaha Anda, jadi jangan remehkan kekuatan video marketing. Video yang Anda buat di YouTube dapat terlihat di search results jika memasukkan pencarian di
search engine. Anda dapatmemperlihatkan kelebihan-kelebihan yang usaha Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki usaha menjual kue, mengapa Anda tak membuatvideo proses pembuatan kue tersebut. Atau jika Anda seorang desainer interior, Anda dapat membuat video yang menunjukkan transformasi sebuah ruangan, sebelum dan sesudah Anda mendekorasi ruangan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membuat video tutorial atau video tur yang menampilkan fitur dari produk yang Anda jual, yang tentunya sangat menarik bagi pelanggan Anda.

12. Bangun Layanan Pelanggan yang Baik
Cara terampuh untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka merekomendasikan perusahaan Anda adalah dengan cara memberikan customer service yang sebaik-baiknya. Sangatlah penting untuk mengelola customer service yang bisa memberikan pengalaman belanja yang baik kepada pelanggan, dengan begitu mereka tak akan sungkan memberikan review yang baik untuk Anda.

13. Lakukan Online PR (Public Relations)
Memiliki PR (humas) yang baik adalah cara yang bagus untuk membuat orang-orang membicarakan tentang perusahaan Anda. Semakin banyak mereka membicarakan Anda, semakin banyak juga orang yang akan berkunjung dan melihat penawaran di situs Anda. Banyak orang berpikir bahwa Public Relations datang dari media-media seperti radio dan televisi. Padahal, PR online akan lebih mudah dan juga efektif, terutama jika
Anda memiliki target yang spesifik. Salah satu caranya adalah dengan menarik perhatian para blogger, apalagi mereka yang sudah terkenal dan memiliki banyak pembaca. Anda dapat mengirim email pada pemilik blog tersebut, dan bertanya apakah mereka mau mereview produk Anda dengan menuliskan di blog mereka (tentunya ada timbal balik yang diberikan, dan tidak harus berupa uang). Jika Anda memilih blogger yang tepat, banyak yang akan membaca dan tertarik dengan produk Anda!

14. Teknik Insentif
Tawarkan ebook yang dapat didownload secara gratis atau buatlah area khusus dalam website Anda yang terproteksi password. Ebook dan member area ini hanya bisa diakses oleh orang-orang yang masuk dalam daftar VIP. Untuk masuk dalam daftar VIP, orang harus post tentang produk Anda di akun Twitter mereka dan memberitahu Anda setelah mereka melakukan hal tersebut. Cara ini bermanfaat untuk mening-katkan popularitas perusahaan sekaligus menambah jumlah followers di dunia online. Sebagai variasi, Anda juga dapat meminta ‘Likes’ mereka di facebookatau situs sosial media lainnya. Jika 10 orang saja yang mela-kukan ini dan rata-rata dari mereka memiliki 100 teman dan keluarga, Anda bisa melihat betapa cepatnya perkembangan bisnis lewat sosial media.

Sumber : Majalah Bisnismu

Artikel Terkait promosi-online

0 comments:

Post a Comment