Saturday, March 2, 2013

Fenomena Sosial Media di Dunia Bisnis

Sosial Media adalah hal yang tak dapat kita pungkiri keberadaannya saat ini. Agar bisnis Anda dapat maju, tentunya harus mengikuti jaman, bukan? Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram adalah beberapacontoh sosial media yang banyak digunakan oleh para pengguna internet dewasa ini. Sebenarnya, apakah dampak dan pengaruh dari sosial media tersebut terhadap bisnis Anda?
Awalnya, sosial media hanya digunakan untuk para penyuka Internet saja dan tak digunakan untuk urusan bisnis. Namun sekarang, para pelaku bisnis juga sudah mulai mempertimbangkan sosial media seperti Facebook dan Twitter sebagai perangkat untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka karena sosial media tak hanya penting untuk berinteraksi dengan pelanggan, namun juga penting untuk berinteraksi dengan brand, calon klien, dan kompetitor.
Lewat sosial media, brand Anda tak perlu menjadi brand yang pasif. Anda dapat secara aktif mengajak pelanggan melalui akun facebook atau twitter brand Anda untuk berinteraksi. Calon pelanggan juga akan melihat seberapa baik Anda berkomunikasi dengan klien lewat sosial media yang brand Anda miliki. Sosial media juga dapat mempertemukan Anda dengan orangorang yang di kehidupan nyata sulit ditemui, misalnya klien perusahaan besar, atau orang-orang ternama. Mulailah dengan follow atau menambahkan mereka sebagai teman. Retweet atau berbagi di wall mereka.
Perkenalkanlah brand Anda ke mereka agar mereka tahu keberadaan perusahaan Anda. Dari sini, Anda dapat menggaet banyak klien dan jangan lupa untuk selalu memantau pergerakan kompetitor Anda. Lewat sosial media, Anda juga dapat melakukan sebuah perhelatan baik secara online maupun offline. Contoh perhelatan online misalnya dengan ‘Chatting Bareng’, tanya jawab via twitter, atau seminar online. Atau Anda dapat membuat perhelatan di suatu tempat dan Anda dapat mempromosikan acara tersebut lewat sosial media.
Bagaimana Membuat Kesan Baik di Sosial Media?
Orang-orang dari segala usia dan kelompok sekarang berinteraksi dan saling mengirim pesan di sosial media. Ya, seperti yang sudah dibahas di atas, sosial media adalah tempat yang sempurna untuk membangun
brand, meningkatkan kesadaran, dan mendorong traffic. Tetapi masih banyak orang yang tak tahu bagaimana menggunakan sosial media secara efektif. Seperti interaksi muka dengan muka, Anda hanya memiliki sekali kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik di sosial media. Di bawah ini ada beberapa tips untuk Anda!

Profil FacebookFacebook memiliki aturan, salah satunya adalah Anda tak dapat menggunakan profil personal untuk memasarkan sebuah perusahaan. Karena itulah gunanya Facebook Fan Page. Tapi masih banyak saja orang yang menggunakan profil pribadi untuk memasarkan bisnis mereka. Melanggar aturan dari Facebook bukanlah inti dari permasalahan ini. Masalahnya adalah banyak orang yang mencampur interaksi personal dengan interaksi bisnis mereka. Orang-orang tersebut mengirim informasi personal di wall yang sama dengan yang mereka pakai untuk informasi bisnis. Ini tak akan membuat Facebook Anda diminati orang atau memberikan nama baik bagi brand Anda. Justru hal tersebut akan membingungkan pelanggan. Anda tak mau salah post tentang personal ketika sedang berbisnis dan meninggalkan kesan buruk pada pelanggan, kan? Karena itu, pisahkanlah mana yang akun personal, dan mana yang merupakan akun bisnis Anda.

Terlalu Banyak Informasiuntuk membuat kesan yang baik. Seperti yang telah disebut pada tips pertama, pisahkan mana yang menjadi profil bisnis Anda, dan mana yang menjadi profil personal yang digunakan untuk berinteraksi dengan teman-teman serta keluarga baik di twitter, facebook, maupun sosial media lainnya. Dalam profil bisnis Anda, yakinkan untuk tetap memberikan informasi tentang bisnis Anda. Jangan pernah menulis sesuatu yang personal dan membagi terlalu banyak informasi yang dapat membuat orang-orang bingung dan bahkan membuat Anda kehilangan calon pelanggan. Selain itu, Anda juga harus fokus pada tipe informasi yang akan Anda bagikan kepada para pembaca dan calon pelanggan. Pastikan mereka mendapatkan informasi yang berguna. Semakin banyak informasi yang menambah pengetahuan mereka, semakin banyak juga orang yang akan tertarik mengunjungi Facebook dan Twitter Anda. Ingat, informasi yang dibagikan harus berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Anda juga harus pintar-pintar menarik mereka dari akun personal Anda. Misalnya “Aku baru saja mencoba resep kue terbaru.Mau lihat resepnya? Aku taruhdi blogku, datang ya!”.

Contoh seperti ini akan bagus bagi mereka yang memiliki website atau blog tentang masakan. Ini personal tapi memiliki informasi dan dapat menarik traffic ke situs mereka.Keluarkan Kata-kata Positif! Sayang sekali, banyak orang yang menggunakan Facebook dan Twitter sebagai sarana untuk komplain dan mengeluh tentang hidupnya. Mereka komplain tentang klien mereka, kompetitor, dan situasi mereka. Ini bukanlah cara yang tepat untuk membuat kesan pertama dan juga bukanlah cara untuk membuat followers Anda tertarik. Jika Anda ingin mencurahkan isi hati Anda, tuliskanlah di jurnal atau blog pribadi Anda. Keluarkanlah kata-kata yang positif dan Anda akan selalu membuat kesan pertama yang baik! Sosial media adalah alat pembangun bisnis yang sangat luar biasa. Buatlah sebuah perencanaan ketika menggunakan sosial media. Sebelum
posting sesuatu, tanyakanlah kepada diri Anda, “Apakah postingan saya berguna bagi pelanggan?”

Lima Langkah Efisiensi Sosial Media
Step 1 : Gunakan Google Alerts untuk Melacak Keyword Anda
Anda ingin secepat mungkin mengetahui atau mengomentarinya. Misalnya Anda berada dalam industri hard drive dan Seagate tiba-tiba mengumumkan akan melakukan potongan harga 30%, tentunya Anda ingin tahu, bukan? Google Alerts akan memungkinkan Anda untuk melacak keywords dan mengirimkan email pada Anda jika ada sesuatu yang penting dan harus Anda ketahui.

Step 2 : Tuliskan Ide yang Ada di Kepala Anda Setiap SaatBawalah ke manapun sebuah jurnal untuk mencatat ide atau twit yang ingin Anda tulis. Atau jika Anda memiliki smartphone, Anda dapat mencatat ide tersebut di telepon genggam tersebut di manapun Anda berada. Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti HootSuite untuk menjadwalkan twit atau  mengupdate twit untuk beberapa hari ke depan

Step 3 : Penggabungan Konten Blog Otomatis
Anda dapat menggabungkan blog post yang Anda tulis secara otomatis ke Twitter dan Facebook Page Anda. Ada banyak plugin wordpress dan perangkat lainnya yang dapat memudahkan Anda melakukan penggabungan tersebut. Jadi, begitu Anda membuat post terbaru, Anda akan mendapat link yang akan tersambung ke blog Anda. Dengan mengintegrasi Twitter dan Facebook Anda, Anda dapat mengepost link tersebut ke profil social media yang dimiliki dalam hitungan waktu hanya 10 detik saja!

Step 4 : Install ‘Buffer’untuk Chrome atau FirefoxPasang aplikasi Buffer, yang memungkinkan Anda untuk mengepost dari twitter feed di browser Anda. Ini akan menghemat waktu karena Anda tak perlu log in lagi ke twitter atau ke website mereka untuk mengepost sesuatu. Anda dapat membuat twit yang terjadwal untuk kemudian hari, kemudian Anda dapat membagi laman Anda dengan mudah, tinggal mengeklik sebuah button saja!

Step 5 : Gunakan Hashtracking untuk Melihat Tweet TagsHashtracking dapat membantu Anda untuk melacak tag semudah mungkin. Layanan ini berguna untuk menemukan tag yang berhubungan dengan pembicaraan orang perihal industri Anda, sehingga Anda dapat bergabung dengan diskusi-diskusi mereka. Sebelum Anda memulai postingan, cobalah untuk menemukan tag yang berhubungan dengan industri Anda yang telah dibicarakan oleh orang-orang sebelumnya.

Langkah-langkah tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi sosial media dan membuat hidup Anda lebih mudah. Menjalankan perangkat-perangkat sosial media memang akan membutuhkan banyak waktu, tapi percayalah waktu yang Anda gunakan tak akan terbuang percuma!

Sumber : Majalah Bisnismu

Artikel Terkait Facebook ,social-media-marketing ,trends-bisnis

0 comments:

Post a Comment